Kamis, 05 Maret 2009

KATEGORI BANDARA UNTUK PKP-PK


Setiap Bandar Udara yang telah memiliki izin operasi wajib menyediakan fasilitas PKP-PK serta memberikan pelayanan PKP-PK sesuai kategori Bandara untuk PKP-PK yang dipersyaratkan.
Pelayanan PKP-PK dilaksanakan secara cepat untuk penyelamatan dan pertolongan kecelakaan penerbangan serta pemadaman kebakaran di bandar udara dan sekitarnya.
Kategori bandara untuk PKP-PK ditentukan berdasarkan panjang keseluruhan dan lebar maksimum badan pesawat udara terbesar serta jumlah pergerakannya di bandar udara.
Kategori bandar udara untuk PKP-PK terdiri dari 10 kategori :

Kategori 1 panjang keseluruhan pesawat <9 m; lebar maksimum 2 m
“ 2 “ “ “ 9 s.d <12; “ “ 2 m
“ 3 “ “ “ 12 s.d <18; “ “ 3 m
“ 4 “ “ “ 18 s.d <24; “ “ 4 m
“ 5 “ “ “ 24 s.d <28; “ “ 4 m
“ 6 “ “ “ 28 s.d <39; “ “ 5 m
“ 7 “ ‘ “ 39 s.d <49; “ “ 5 m
“ 8 “ “ “ 49 s.d <61; “ “ 7 m
“ 9 “ “ “ 61 s.d <76; “ “ 7 m
“ 10 “ ‘ “ 76 s.d <90; “ “ 8 m

Perhitungan pergerakan pesawat udara dilakukan dengan berpedoman pada Dokumen ICAO 9137 – AN/898 part 1 mengenai Rescue and Fire Fighting.
Penurunan kategori bandara untuk PKP-PK yang terjadi karena menurunnya efektifitas kendaraan PKP-PK wajib dibuat NOTAM (Notice to Airman). Selain itu penurunan kategori bandar udara untuk PKP-PK dinyatakan dalam Aeronautical Information Publication. (sumber : MATERI PENYULUHAN SERTIFIKAT KECAKAPAN PETUGAS DAN TEKNISI PKP-PK)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

menurunnya efektifitas kendaraan PKP-PK wajib dibuat NOTAM (Notice to Airman).KENA APA CUMA KENDARAAN? APA ALASANNYA? "QA"