Selasa, 09 Februari 2010

KESELAMATAN BERAWAL DARI KITA

Menyingkapi beberapa kebakaran yang terjadi di terminal bandara beberapa waktu yang lalu, kita sebagai insan pemadam kebakaran haruslah mawas diri dan selalu waspada terhadap kemungkinan yang akan terjadi. Beberapa standar operasional perlu kita terapkan untuk mengantisipasinya antara lain dengan pengecekan secara berkala alat pemadam portabel di tempat-tempat rawan di terminal dan tempat-tempat lainnya. Bekerjasama dengan dinas elektronika dalam pemasangan alat peringatan dini kebakaran, melakukan sosialisasi tentang prosedur pemadaman dengan menggunakan pemadam portabel serta sistem evakuasi yang tepat. Semua itu perlu kordinasi yang sinergis antar dinas PKP-PK dengan dinas-dinas lainnya.

Disamping itu, pembangunan sebuah bangunan di lingkungan Bandar Udara seyogyanya haruslah melibatkan dinas PKP-PK dalam merencanakannya. Perencanaan ini meliputi : pemasangan fix fire extinguisher ( sprinkler), penempatan hidran box, penempatan pemadam portabel, dan lainnya. Agar dikemudian hari apabila terjadi sesuatu hal seperti kebakaran dapat di tangani dengan cepat dan dalam hal perawatan peralatannya pun dapat memudahkan kita dinas PKP-PK sebagai user.

Access road, yang akan dilalui mobil pemadam PKP-PK yang berukuran besar ini pun haruslah diperhatikan. Karena hal ini menyangkut response time dari dinas PKP-PK dalam menyingkapi kondisi darurat di Bandara. Tidak hanya accident di movement area, tapi juga insident di publik area seperti terminal bandara, gedung kantor dilingkungan bandara, itu semua tanggung jawab Dinas PKP-PK. Pembangunan di lingkungan Bandara haruslah memikirkan semua hal tersebut di atas.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

menyelamatkan jiwa manusia dan harta benda itu intinya....jangan lupa kita bukan supermen...semua di pikul ....posisikanpkp-pk seperti pilot..itu baru mantab...(QA)